Breaking News

Kwarcab Cianjur : Seleksi Masuk IPB Bisa Jalur Prestasi Pramuka


KABARCIANJUR.TV | Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur sambut baik  kerjasama yang dilakukan Kwartir Daerah Pramuka Jawa Barat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang seleksi mahasiswa IPB jalur prestasi kepramukaan,  kerjasama ini  menjadi perhatian penggiat pramuka di kabupaten Cianjur.

H. Abdul Azis  selaku Wakil Ketua Bidang Humas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  Cianjur mengatakan Prestasi kepramukaan menjadi lebih bergengsi dengan adanya kesepakatan Pramuka Jabar dan IPB ini, untuk itu kami mengeluarkan surat edaran nomor 10/0903-B tanggal 24 Januari 2020 yang ditandatangani langsung oleh Kak Budhi Rahayu Toyib selaku Ketua Kwarcab Cianjur agar Ketua Kwartir ranting di kabupaten Cianjur dapat menyebarluaskan informasi ini hingga ke gugus depan.

"Kita sudah keluarkan surat edaran tentang ini, dan harapan kita  semua jajaran Kwartir Ranting dapat menginformasikan Seleksi Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada Gugus Depan di wilayahnya masing-masing, baik melalui surat formal maupun media social" ucap Abdul Azis

Informasi lainnya calon mahasiswa adalah lulusan SMA/MA pada peminatan MIPA dan SMK pertanian/kehutanan yang aktif sebagai anggota gerakan pramuka setidaknya dewan ambalan seperti ketua dewan ambalan atau pradana, sekretaris ambalan (kerani), hartaka atau juru uang (bendahara), atau sebagai pemangku/juru adat.

Dewan kerja dari tingkat ranting (DKR), cabang (DKC), daerah (DKD), dan nasional (DKN) juga menjadi prioritas. Peluang jalur prestasi pramuka ini terbuka bagi anggota pramuka di Jawa Barat.

Lulusan SMA/MA dan SMK yang dimaksudkan merupakan lulusan 2020 yang memiliki nilai rata-rata minimal 80 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi selama 5 semester.
Penyerahan berkas dan verifikasi.

" Yang hendak mendaftar kuliah ke IPB melalui jalur prestasi kepramukaan menyerahkan dokumen atau berkas pendaftaran ke sekretariat Kwarda Jawa Barat di Bumi Kitri, Jalan Cikutra No. 276A Bandung, dokumen atau berkas yang masuk dan diterima oleh Kwarda Jawa Barat akan diverifikasi dan diseleksi sebelum diterbitkan rekomendasi" Ucap Abdul Azis

Hasil seleksi dan verifikasi dokumen/berkas calon mahasiswa masuk IPB jalur prestasi kepramukaan akan diumumkan dan diinformasikan secara langsung kepada calon mahasiswa yang mendaftar.

Kwarda Jabar dan IPB telah menyapakati kerjasama strategis dalam pembinaan generasi muda. IPB memilih Pramuka Jawa Barat sebagai mitra untuk pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi, IPB pun menentukan standar minimal bagi kalangan pramuka berprestasi sebagai salah satu bentuk prestasi internasional dan nasional.[KC.10/nET]**

No comments